Kenapa Proses Pemasangan AC Harus di Vakum Terlebih Dahulu?

Proses pemasangan AC harus di vakum terlebih dahulu agar menghasilkan kualitas udara yang sejuk dan segar.

Kenapa Proses Pemasangan AC Harus di Vakum Terlebih Dahulu?

Untuk memasang Air Conditioner atau AC yang tepat salah satunya adalah harus di vakum terlebih dahulu untuk menghilangkan udara dan kelembaban dari sistem AC. Dan ini harus dilakukan oleh tenaga profesional untuk pasang AC Hal ini dapat menyebabkan pada masalah AC untuk kemudian hari. Namun tidak cukup sampai disitu! Mari kita ulas!

Apa itu Vakum?

Vakum adalah keadaan dimana tekanan udara sangat rendah hingga mendekati nol dengan menggunakan pompa vakum.

Dalam keadaan vakum, tidak ada molekul udara yang ada di suatu ruang. Hal ini menyebabkan kondisi yang sangat berbeda dari kondisi normal di mana udara mengisi ruang tersebut.

Dalam proses pemasangan AC, vakum sangat perlu dilakukan mengingat pentingnya menghilangkan udara dan kelembaban di area sistem AC.

Mengapa Proses Pemasangan AC Harus di Vakum?

Di dalam sistem AC salah satunya adalah pipa AC jika tidak kering atau dalam keadaan belum di vakum, maka akan terjadi banyak uap air yang dapat menghambat sistem kerja AC yaitu yang utamanya adalah pendinginan.

Jika pipa AC mengandung kelembaban maka akan membuat kompresor dan evaporator atau sistem pendinginan akan mudah berkarat dalam waktu cepat dikarenakan ada uap air yang tertinggal dan kemudian akan menyebar ke seluruh sistem pendinginan.

Beberapa catatan penting jika proses pemasangan AC harus tidak di vakum terlebih dahulu adalah:

  • Mengurangi efisiensi pendinginan
  • Menyebabkan korosi pada komponen AC
  • Meningkatkan resiko kebocoran
  • Mudah berkarat pada sistem AC
  • Menyebabkan konsleting pada AC

Apakah Bisa Pasang AC sendiri, di vakum sendiri tanpa bantuan ahli profesional?

Perlu diingat bahwa proses pemasangan AC itu memang harus divakum oleh tenaga profesional karena proses ini memiliki resiko yang cukup tinggi. Jika proses vakum tidak dilakukan dengan benar dan tepat, maka tentunya akan menyebabkan kerusakan pada sistem pendinginan di AC bahkan terjadinya korsleting.

Jadi, kami rekomendasikan bahwa proses pemasangan AC harus dengan bantuan ahli profesional untuk efisiensi dan efektivitas hasil pemasangan AC untuk rumah atau perkantoran anda. Sehingga AC milik anda dapat berfungsi baik dan awet untuk kedepannya.

Apa Saja Resiko Yang Bisa Terjadi Jika proses pemasangan AC dilakukan sendiri?

Banyak sekali resiko yang terjadi jika proses pemasangan AC dilakukan sendiri tanpa bantuan ahli profesional yaitu:

  • Sistem AC dapat rusak karena udara dan kelembaban tidak sepenuhnya hilang atau kering dari sistem AC.
  • Proses pemasangan AC tentunya akan memakan waktu yang lebih lama dikarenakan tidak memiliki pengalaman dan keterampilan yang memadai.
  • Proses pemasangan AC yang tidak benar bisa mengurangi performa sistem AC, apalagi dengan alat vakum dan peralatan yang tidak sesuai prosedur.

Tapi, AC Jaman Dulu Kok Tidak Perlu Di Vakum ya?

AC jaman dulu dan sekarang memiliki beberapa perbedaan, salah satunya adalah pada jenis freon yang digunakan. AC jaman dulu menggunakan freon jenis R22, sedangkan AC jaman sekarang menggunakan freon jenis R32 dan R410a.

Freon R22 adalah freon yang paling umum digunakan pada AC jaman dulu. Freon ini memiliki sifat yang tidak terlalu sensitif terhadap uap air. Oleh karena itu, AC jaman dulu tidak perlu di vakum sebelum dipasang.

Freon R32 dan R410a adalah freon yang lebih ramah lingkungan daripada freon R22. Freon ini juga memiliki sifat yang lebih sensitif terhadap uap air. Oleh karena itu, AC yang menggunakan freon R32 dan R410a perlu di vakum sebelum dipasang.

Perbedaan jenis freon itulah alasan mengapa AC jaman dulu tidak perlu di vakum, sedangkan AC jaman sekarang perlu di vakum. 

Kesimpulan

Untuk melakukan pemasangan AC direkomendasikan untuk dilakukan vakum terlebih dahulu. Oleh karena itu, proses vakum harus dilakukan dengan benar oleh tenaga profesional.

FITO adalah tenaga profesional pemasangan AC yang bisa dipanggil kapan saja dan dimana saja. Dengan bantuan FITO, AC anda dapat bertahan lebih lama dan mendapatkan kenyamanan untuk di rumah maupun perkantoran. Hubungi kami!